Kenang Jasa Pahlawan, Kakanwil Jateng Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Nusakambangan

    Kenang Jasa Pahlawan, Kakanwil Jateng Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Nusakambangan
    Dok. Humas Rutan Kudus

    NUSAKAMBANGAN - Seperti Instansi Pemerintah lainnya, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah turut memeringati Peringatan Hari Pahlawan yang tiba pada hari Jumat (10/11) dengan melaksanakan Upacara Bendera. Yang menjadi istimewa, pada tahun ini pengibaran bendera dilaksanakan di pelabuhan Sodong Nusakambangan.

    Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara kali ini yaitu Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto. Dirinya berkesempatan membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini.

    Sementara itu, bertindak sebagai Perwira Upacara yaitu Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Kelas IIA Besi Angra Bayu Perdana dan Komandan Upacara yaitu Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Kelas IIA KembangKuning Aryono.

    Upacara turut dihaduri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Anak Agung Gde Krisna, Direktur Keamanan dan Ketertiban Supriyanto, Direktur Teknologi Informasi dan Kerjasama Jumadi, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kadiyono, Kepala UPT, Pejabat Administrasi dan pegawai pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) di pulau Nusakambangan.

    Dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”, Tejo Harwanto menjelaskan jika peringatan Hari Pahlawan tahun ini menjadi sebuah renungan yang mendalam guna menjawab ancaman penjajahan modern yang makin terlihat.

    "Kita adalah pasar yang besar dan diberikan begitu beragam sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral, " ungkapnya.

    "Inilah tantangan yang nyata bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam serta potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara, " imbuhnya.

    Tejo menjelaskan bahwa untuk menghadapi tantangan itu memang tak gampang, namun pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa sudah memberikan nilai-nilai perjuangan. Nilai yang apabila diikuti niscaya membawa jejak kemenangan.

    "Para Pahlawan sudah mengajarkan kepada rakyat bahwa kita tidak bangsa pecundang. Kita tak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi, " tegas Tejo.

    Sebagai penutup, Tejo Harwanto mengajak jajarannya bersama bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang semakin maju dan sejahtera.

    kemenkumhamri kemenkumhamjateng
    David Fernanda Putra

    David Fernanda Putra

    Artikel Sebelumnya

    Ziarah Nasional Peringati Hari Pahlawan...

    Artikel Berikutnya

    Pengawasan Orang Asing Itu Suatu Kewajiban,...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Hendri Kampai: Revolusi Penulisan Rilis Berita dengan Bantuan Artificial Intelligence (AI)
    Semangat Tak Kenal Lelah, Satgas TMMD Kodim 1805/Raja Ampat dan Warga Terus Bangun RTLH Meski Panas Terik Menghadang
    Kondisi Rusak Berat, Rutan Kudus Ajukan Lelang Barang Milik Negara
    Rutan Kudus Lelang Barang Milik Negara Dengan Transparan

    Ikuti Kami